Cara Mudah Menulis Buku

Komunitas Trainer Menulis

Berikut ini saya salinkan tahapan Cara Mudah Menulis Buku dari grup WA Trainer Menulis

Selamat datang kepada rekan semua di grup TRAINER MENULIS angkatan 6.
Grup ini bukan sekedar silaturahim dan belajar. Grup ini adalah GRUP KOMITMEN.
Setiap member akan DIPAKSA MENULIS sepanjang 3 bulan kedepan dengan KOMITMEN TINGGI.

Secara umum ada 4 tahap utama yang akan dijalani.

Tahap 1:
Membuat WRITING GOAL. Prosesnya adalah mengisi Tools yang nantinya akan diberikan, membantu kita clear gambaran besar naskah yang akan ditulis.

Tahap 2:
Menulis KERANGKA NASKAH. Berdasar writing goal, dibuat naskah versi singkat sepanjang 10 halaman yang memuat semua inti naskah dari awal sampai akhir.

Tahap 3:
MENULIS NASKAH, dengan melakukan pengembangan pada kerangka naskah. Tahap ini berjalan selama 1,5 bulan dengan target per minggu 16 halaman, per hari 4 halaman (4 hari nulis + 3 hari mengkaji sumber).

Tahap 4:
Menyerahkan naskah kepada penerbit yang dipilih pribadi (bebas memilih, sesuai preferensi pribadi). Targetnya adalah mendapat editor secara resmi dari penerbit.

Selama berjalannya 4 tahap tersebut, grup ini juga akan di-support dengan beberapa kuliah WA di beberapa pekan baik di awal maupun di tengah, yang diberikan langsung baik oleh Surya Kresnanda maupun oleh Owner dari Penerbit Litera Mediatama, Mas @david ming litera (sungkem Suhu 😊🙏🏻).

Kuliah WA yang didapat Insya Allah memberi bekal tentang bagaimana proses menulis hingga proses menerbitkan buku yang bisa dilakukan oleh rekan semua.

Menjalani 4 tahap di atas, diikat oleh aturan dan larangan. Diantara larangan yang keras adalah melakukan PLAGIAT (Silahkan cek ciri2 plagiat di google).

4 Tahap di atas dijalani selama 3 bulan kedepan dengan konsekuensi. Jika tidak komitmen dengan proses dan aturannya, atau sekali saja melakukan Plagiat di naskahnya, maka terpaksa OUT dari grup ini 🙏(this is serious!)

WRITING GOAL bertujuan untuk memandu agar kegiatan menulis dapat berjalan dengan lancar. Tanpa melakukan WRITING GOAL maka kegiatan menulis akan terseok jalannya bahkan bisa jadi terhenti.
Berikut ini daftar pertanyaan yang bisa digunakan dalam WRITING GOAL:
  1. SIAPA TARGET PEMBACA BUKU ANDA
    Buku yang buruk adalah buku yang pasarnya untuk 'semua orang'. Isinya berusaha dibuat untuk semua orang. Akhirnya bahasan terlalu luas, gak tajam, dan berujung tak solutif. Hanya berisi nasehat2 common sense yang gak kerasa karena terlalu diplomatis. Kita sama2 tahu bahwa sampai kapan pun kita takkan bisa memuaskan semua orang.
    So, di nomor 1 ini tentukan kita ingin MENGHADIRKAN SOLUSI untuk siapa?
    Untuk emak-emak ibu rumah tangga yang gak kerja tapi ingin punya penghasilan tambahan dalam jumlah besar?
    Untuk orang-orang yang sedang terlilit hutang milyaran?
    Untuk  para muda yang sedang mencari jati diri dan pilihan karir?
    Untuk para jomblo yang sedang galau menemukan dan menentukan jodohnya?
    Untuk yang ingin menjalani hobinya sembari menghasilkan di luar gaji tetapnya?
    Untuk yang mau memulai bisnis?
    Untuk yang sudah menjalani bisnis namun menemukan kondisi stagnan? atau siapa?
    Siapa pasar pembaca buku kita nantinya, akan mengerucutkan arah buku kita sejak awal. Isi buku gak terlalu luas. Tajam terpercaya kayak Liputan 6 :D
    Tentu menjawab nomor 1, sesuaikan dengan kompetensi terkuat kita, sesuaikan dengan expertise kita. Jangan kita mau ngasih SOLUSI ke karyawan yang mau bisnis, tapi kita sendiri gak paham bisnis. Nanti isinya saran2 asal resign, asal action, asal-asalan. Atau kita mau ngasih pemahaman anak muda tentang karir, tapi ndak paham karir... akhirnya SOLUSI-nya asal ngikutin passion. Padahal kitanya nggak bener2 paham apa Passion itu. So memilih pasar yang kita sasar sebagai pembaca buku, pasar yang akan kita hadirkan solusi di sana, silahkan disesuaikan dengan bidang expertise masing2 ya
    .
  2. APA YANG ANDA INGINKAN TERJADI PADA PEMBACA SETELAH MEMBACA BUKU ANDA
    Inginnya setelah baca buku kita, pembaca (di nomor 1) akan menjadi seperti apa? Apakah ingin pembaca terinsiprasi dan tergerak melakukan sesuatu? atau ingin peserta lebih memahami sebuah fenomena? ingin mengubah cara pandang pembaca tentang ........
    Apa yang temen2 inginkan terjadi pada pembaca, beres baca buku. Menjawab nomor 2 saja sudah mulai ngasih bayangan kira2 isi bukunya bakal ada apa aja di dalamnya. Coba deh
    .
  3. APA PENTINGNYA BUKU ANDA BAGI PEMBACA? CERITAKAN APA MASALAH PEMBACA DAN BAGAIMANA BUKU ANDA BISA MENJADI SOLUSI BAGI MEREKA
    Nulisnya kan buat jadi SOLUSI. Nah silahkan berpanjang2 cerita di nomor 3 ini, sebenarnya apa sih masalah yang terjadi pada pasar pembaca (nomor 1) sehingga temen2 tergerak menghadirkan buku yang akan ditulis ini? apa pentingnya buku temen2 ini untuk pasar pembaca nantinya?
    Misalnya, nulis buku tentang literasi bisnis yang praktis. Temen2 bisa cerita bagaimana pebisnis2 UMKM seringkali nyampur2 antara duit pribadi dan bisnis, mengakibatkan bla bla bla bla.... dan mereka sulit memahami akuntansi karena hanya belajar ilmu tersebut maksimal di sekolah menengah, udah gitu lupa lagi.... apalagi business owner gak punya waktu buat memperhatikan detil dan rumit, sehingga buku literasi bisnis praktis ini akan membantu pebisnis UMKM untuk bla bla bla bla ......
    .
  4. APA SAJA KISI-KISI ISI BUKU ANDA?
    Setelah mengerjakan nomor 1-3, temen-temen bisa menuliskan kira2 (dikira2 aja, nanti di tengah jalan berubah ya ndak papa), poin2 apa saja yang bakal ada di buku kita, sehingga buku kita bisa menghadirkan SOLUSI secara tepat bagi para pembaca. Buat list sebanyak mungkin nggak papa
    .
  5. JIKA DISINGKAT DALAM 3 POIN BESAR, ISI BUKU ANDA INTINYA ADALAH ......
    Melanjutkan nomor 4, setelah me-list poin2 perkiraan kisi2 isi buku, di nomor 5 ini silahkan diperas, disarikan, dibuang yang dirasa nggak terlalu penting, gabungkan poin2 yang kira2 serumpun atau berdekatan, sehingga menjadi HANYA 3 POIN UTAMA saja
    Dengan mengerjakan nomor 5, jika ditanya, "Isi bukumu ini tentang apa sih?", maka tinggal dijawab dengan 3 poin utama saja, "Buku saya adalah tentang ragam tanaman obat nusantara, meramu tanaman obat yang sesuai dengan penyakit, dan bagaimana memadukan tanaman obat dengan pengobatan medis dari apotek"
    .
  6. TULISKAN 20 JUDUL BUKU PENDUKUNG DARI NASKAH BUKU YANG AKAN ANDA TULIS
    Seperti yang sudah saya sampaikan, bahwa PENULIS YANG BAIK DIMULAI DARI PEMBACA YANG BAIK. Maka jangan ngimpi jadi penulis kalo membaca aja enggak.
    Khususnya di sini, karena nulisnya buku, saya wajibkan bacanya buku. Selain nambah ilmu dan bahan, juga menemukan berbagai ragam ide tentang bagaimana menulis buku.
    Jumlah 20 itu MINIMAL, boleh lebih dan nggak boleh kurang ya.
    HARUS BUKU. Tandanya ada ISBN. Jadi kalopun ebook, ya ada ISBN-nya
    Silahkan tulis judul bukunya, serta penulisnya. Disarankan bukunya dimiliki sendiri atau selalu ada di dekat kita, karena akan dipakai sampai akhir program.
    20 judul bukunya, tentu yang mendukung kisi2 isi buku seperti yang udah ditulis di nomor 4 dan 5
    .
  7. TULISKAN 10 PENGALAMAN PRIBADI ANDA YANG MENDUKUNG NASKAH BUKU ANDA
    Perhatikan lagi siapa pasar pembaca hingga kisi-kisi buku. Cari tahu pengalaman pribadi yang mendukung isi buku yang akan menghadirkan SOLUSI bagi pasar. Silahkan diceritakan singkat, 10 pengalaman
    "Bagaimana jika saya nggak punya pengalaman pribadi terkait SOLUSI yang sedang saya tawarkan?" mending cari pasar pembaca dan topik solusi lain. Karena kalau dipaksakan, tanpa pengalaman2 pribadi, SOLUSI yang dihadirkan gakkan praktis aplikatif.
    .
  8. TULISKAN 10 NAMA AHLI YANG BISA MENJADI SUMBER WAWASAN ISI NASKAH BUKU ANDA.
    Ini 10 nama ahli yang BISA DIAJAK KETEMU, BISA DITELPON ATAU DI-WA, BISA DIAJAK DISKUSI ya. jadi mohon tidak menulis nama orang yang sudah meninggal atau nama orang luar negeri yang sekiranya gakkan kita datangin.
    Kecuali kalo sumber luar negerinya memang bisa kita akses. Karena selain dari membaca buku, ketemu dan diskusi dengan ahli di bidang yang terkait SOLUSI kita, akan sangat membantu dalam menghadirkan ide-ide untuk isi buku kita.

    Ada yang sudah kerjakan, nulisnya RASULULLAH SAW
    Mohon maaf, beliau sudah meninggal sehingga nggak bisa diajak ngobrol.
    Kalau mau menggali dari sirah-nya, berarti itu masuk sumber buku  (nomor 6)

    Ada yang nulis JOHN C MAXWELL
    apakah memang punya akses ke beliau? misal ketemu atau diskusi WA jika sepertinya tidak, ya dihapus dan diganti. Ahli ini gak harus orang terkenal bak artis kok
    Banyak ahli2 yang namanya hanya terdengar di kisaran lokal, namun benar2 ahli di bidang yang menjadi SOLUSI kita di buku. Misal dosen2 kita jaman kuliah dulu, atau tetangga kita ternyata GM Perusahaan besar dimana ilmu dan pengalamannya bisa menjadi sumber insipirsi buat buku kita.
Seperti itu pembahasan tentang pengisian WRITING GOAL. Jika diisi dengan benar2 menyediakan waktu, gak diburu2, Insya Allah begitu beres ngisi, maka langsung kebayang buanyak hal tentang naskah yang akan diselesaikan nanti


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pelatihan Teknik Membuat Sitasi

PENGANTARAN KE TEMPAT PRAKERIN RUBYLAND

Tugas Perbaikan Nilai PAS Kelas X Semester Gasal 2019/2020